Kami menyadari bahwa tahap Sambungkan Email di Moni bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Oleh karena itu pada artikel ini kami akan mencoba membahas proses tersebut dari awal hingga akhir. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman ya. Jika ada tahap yang masih belum jelas, silahkan tinggalkan komentar aja ya supaya artikelnya bisa kita update sesuai pertanyaan teman-teman..

1. Aktifkan IMAP

idealnya kamu akan masuk ke halaman setting gmail setelah klik link di tahap 1

Untuk mengaktifkan IMAP, klik link yang terdapat di aplikasi. Setelah itu seharusnya kamu akan menemukan halaman setting akun gmail. JIka kamu tidak menemukan hal tersebut, maka ada 2 kemungkinan halaman yang kamu dapatkan:

1. Halaman tidak ditemukan: Kamu mendapatkan halaman ini karena di browsermu hanya ada 1 akun Gmail yang sedang login. Agar dapat melanjutkan langkah ini, klik tulisan ‘klik disini’ yang terletak dibawah kolom link atau klik tombol ‘Bantuan’. Selanjutnya halaman bantuan akan terbuka, kemudian klik link yg berada di pertanyaan ‘Halaman yang dituju tidak dapat ditemukan‘ dan kamu akan dibawa ke halaman setting akun Gmail.

Klik tulisan ‘klik disini’ yang terletak dibawah kolom link atau klik tombol Bantuan

2. Halaman konfirmasi penggunaan HTML Gmail: Kamu mendapatkan halaman ini karena baru pertama kali menggunakan email versi HTML di handphone. Pilih opsi ‘I’d like to use HTML Gmail‘ karena setting untuk mengaktifkan IMAP hanya ada di Gmail versi HTML. Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman inbox gmailmu. Klik menu ‘Setting’ yang ada di pojok kanan atas inbox Gmail.

Setelah kamu berada di halaman setting akun gmail, pilih tab ‘Forwarding and POP/IMAP`. Kemudian cari section ‘IMAP acces‘, aktifkan/centang pilihan ‘Enable IMAP Access‘ dan klik ‘Save Changes’ (jangan sampai lupa).

Pilih tab ‘Forwarding and POP/IMAP` dan klik Enable IMAP pada section IMAP Access. Kemudia klik Save Changes

JIka pilhan Enable IMAP Access sudah aktif/tercentang, jangan lakukan perubahan apapun dan kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni Aktifkan 2 Factor-Authentication.

2. Aktifkan 2 Factor-Authentication

Aktivasi 2-FA merupakan syarat untuk bisa membuat App Password pada tahap 3. Jika 2-FA pada akun gmailmu belum aktif, kamu harus melakukan langkah ini karena jika langkah ini kamu lewati, pilihan untuk membuat App Password pada tahap 3 tidak akan tersedia.

Sama dengan langkah pada tahap 1, untuk memulai mengaktifkan 2-FA, silahkan klik link yang terdapat pada aplikasi. Jika kamu mendapatkan halaman tidak ditemukan, klik tulisan ‘klik disini’ yang terletak dibawah kolom link atau klik tombol ‘Bantuan’. Selanjutnya halaman bantuan akan terbuka, kemudian klik link yg berada di pertanyaan “Halaman yang dituju tidak dapat ditemukan” dan kamu akan dibawa ke halaman untuk mengaktifkan 2 Factor-Authentication.

Jika kamu mendapatkan halaman ini, berarti 2-FA pada akunmu telah aktif. Silahkan lanjutkan ke langkah 3 (Buat App Password)

Jika status 2-FA pada akun gmailmu sudah aktif, kamu akan menemukan info bahwa 2-FA sudah aktif dengan metode yang kamu pilih. Kamu bisa melewati tahap ini dan langsung melanjutkan ke tahap 3 (Buat App Password)

Klik tombol Get Started untuk memulai aktivasi 2-FA

Namun jika 2-FA mu belum aktif, kamu akan menemukan tombol untuk memulai proses pengaktfikan 2-FA. Tekan tombol “Get Started” dan ikuti semua langkahnya hingga selesai, karena jika langkah ini tidak selesai maka kamu tidak akan bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Buat App Password

App password merupaka salah satu fitur dari Google yang memungkinkan user untuk membuat password Gmail baru yang bisa dipakai hanya untuk 1 aplikasi. Password yang diinput pada aplikasi tersebut nantinya tidak perlu disimpan oleh aplikasi dan bisa dihapus oleh user kapanpun jika akses dari aplikasi tersebut sudah tidak dikehendaki lagi.

Jika kamu mendapatkan halaman ini, klik pilihan klik disini yang terletak dibawah kolom link atau klik tombol bantuan

Sama dengan langkah pada tahap 2, untuk membuat App Password, silahkan klik link yang terdapat pada aplikasi. Jika kamu mendapatkan halaman tidak ditemukan, klik pilihan klik disini yang terletak dibawah kolom link atau klik tombol bantuan. Selanjutnya halaman bantuan akan terbuka, kemudian klik link yg berada di pertanyaan “Halaman yang dituju tidak dapat ditemukan” dan kamu akan dibawa ke halaman untuk membuat App Password.

Jika kamu mendapatkan halaman ini, berarti firur 2-FA pada email kamu masih belum aktif

Jika kamu mendapatkan bahwa fitur tidak tersedia, berarti fitur 2-FA untuk email yang sedang kamu gunakan masih belum aktif. Pastikan email yang kamu gunakan sama dengan email yang 2-FA nya sudah kamu aktifkan.

Pada halaman untuk membuat App Password, klik ‘Select app’ and pilih ‘Other (Custom Name)’ . Setelah itu tulis ‘Moni’ dan klik ‘Generate‘. Kemudian akan muncul 16-digit password pada box kuning. Tulis password tersebut/screenshot karena akan digunakan pada tahap selanjutnya.

Cara membuat app password

Jika kamu lupa untuk menulis password yang kamu dapatkan, silahkan klik ‘Select app‘ lagi dan ulangi kembali langkah sebelumnya hingga kamu mendapatkan App Password yang baru.

4. Masukkan Password

Pada tahap terakhir ini, masukkan App Password yang sebelumnya telah kamu dapatkan di tahap 3. App password yang kamu masukkan tidak disimpan dalam sistem Moni dan langsung dikirimkan ke Google untuk proses otentifikasi.

Jika password yang kamu masukkan benar, proses pengambilan data email akan berjalan dan kamu akan mendapatkan notifikasi jika proses telah selesai. Selamat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.