Di versi terbaru Moni, kami meghadirkan sebuah fitur yang sudah banyak di-request oleh teman-teman, yakni Anggaran. Dengan fitur ini, teman-teman bisa mengatur anggaran yang sudah ditentukan setiap bulannya dan akan mendapatkan notifikasi otomatis jika pengeluaran teman-teman sudah mendekati atau bahkan melebihi anggaran yang ditentukan.

Cara Mengakses Fitur Anggaran

Fitur ini dapat diakses melalui 2 tempat, yakni di Beranda dan Tab Anggaran. Jika teman-teman belum memiliki anggaran, teman-teman akan diminta untuk membuat anggaran terlebih dahulu. JIka anggaran sudah tersedia, maka Moni akan menampilkan anggaran secara berurutan sesuai kategori dengan anggaran terbanyak.

Kategori yang terdapat dalam fitur Anggaran sudah disesuaikan dengan kategori yang tema-teman miliki. Sehingga jika ingin mengganti kategori pada Anggaran, kamu dapat menggan kategori transaksi pada menu Akun – Kategori.

Pengaturan Anggaran

Ada 2 jenis mode yang bisa kamu pilih dalam pembuatan anggaran:

1. Anggaran per Kategori

Mode ini dapat kamu pilih jika kami memiliki anggaran pengeluara bulanan berdasarkan kategori tertentu. Misalkan makanan dengan anggaran Rp3.000.000, transportasi dengan anggaran Rp1.000.000 dan seterusnya. Pengaturan degan mode ini akan terpilih secara otomatis saat kamu pertama kail mengatur anggaran.

Atur Anggaran per Kategori

Pada pengaturan jenis ini kamu tidak harus mengisi anggara pada semua kategori. Jika kamu hanya memiliki anggara pada kategori tertentu saja, maka kamu bisa mengisikan anggaran pada kategori tersebut. Jumlah total anggaran bulanan akan menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh setiap kategori.

2. Anggaran Total

Mode ini dapat kamu pilih jika kamu tidak memiliki anggaran untuk setiap kategori. Anggaran yang kamu miliki merupakan total untuk semua transaksi tanpa mempedulikan pengeluaran tersebut masuk ke dalam kategori apa.

Untuk mengaktifkan mode ini, kamu dapat menonaktikan tombol toggle yang terdapat disamping tulisa Anggaran per Kategori. Setelah itu, kamu bisa mengisikan Anggaran dengan klik tulisan ‘Ubah` yang terletak di bagian Total Anggaran dan klik Simpan setelah mengisi total anggaran.

Atur Anggaran Total

Sama halnya seperti Anggaran per Kategori, kamu juga akan menerima notifikasi secara otomatis jika pengeluaranmu sudah mendekati atau bahkan mebihi Total Anggaran yang sudah diatur.

Kami sangat senang akhirnya bisa merilis fitur ini untuk teman-teman semua. Semoga kehadiran fitur ini dapat membuat pengeluara teman-teman menjadi lebih terkontrol.

Kami sangat terbuka jika teman-teman memiliki saran atau pertanyaan terkait fitur ini. Silahkan kirim pertanyaan atau saran melalui email hi@moni.id atau Instagram/Twitter : @moni.idn

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.